ArtikelBeritaPendidikan

MENGENAL O2SN

O2SN merupakan singkatan dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional yakni sebuah event Nasional yang digelar pertama kali pada tahun 2008 untuk menemukan bibit-bibit baru Indonesia dalam bidang Olahraga. O2SN ini termasuk ajang talenta nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). 

O2SN ini diadakan setahun sekali dengan tujuan, yaitu: 1) Mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga, 2) Membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah, 3) Mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab, 4) Mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga, 5) Menumbuh kembangkan nasionalisme dan cinta tanah air, dan 6) Menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik sekolah di seluruh Indonesia. 

O2SN-SMA merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fair play (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) sesuai makna positif olahraga yang ada pada setiap perlombaan/pertandingan cabang olahraga pada O2SN ini.

O2SN juga memiliki beberapa jenjang diantaranya SD, SMP, SMA dan SMK yang akan memperebutkan medali emas, medali perak dan medali perunggu dalam ajang O2SN ini. Ajang O2SN diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial. 

Sumber : https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/

Beri penilaian untuk berita ini!

Bagikan informasi ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *